Sunday, July 26, 2009

Mengapa ilmu ekonomi perlu untuk dipelajari?

Itu menjadi pertanyaan yang mengemuka di mana-mana. Seperti yang kita lihat di negara kita ini, banyak sekolah-sekolah tinggi yang khusus mempelajari tentang ekonomi, dan rata-rata fakultas pertama yang dibuka oleh universitas-universitas di Indonesia adalah fakultas ekonomi. Mengapa ilmu ekonomi sangat penting dalam kehidupan kita??
Banyak alasan yang mendasari orang untuk mempelajari ilmu ekonomi. Karena berharap dapat mengeruk uang lebih banyak lagi melalui pengetahuannya tentang ekonomi, karena ilmu ekonomi merupakan titik pusat dari segala ilmu sosial, dan banyak lagi alasan lainnya yang tentunya bisa berbeda tiap orang.
Kenyataan menunjukkan ada satu alasan penting yang menyebabkan perlunya orang mempelajari ilmu ekonomi. Sepanjang hidup, kita akan selalu berpapasan dengan kebenaran ilmu ekonomi. Pengertian mengenai inflasi, pengangguran ataupun proteksionisme ekonomi suatu negara, tidak akan sepenuhnya bisa dimengerti bila kita belum menguasai dasar-dasar ilmu. Pada debat di berbagai lingkup masyarakat, yang menjadi pokok masalah selalu adalah masalah ekonomi.
Dalam kehidupan sehari-hari, sering ditemui perbedaan antara teori ekonomi dan penggunaan praktisnya. Hal ini memang tidak bisa dihindari karena pada dasarnya teori adalah prinsip, hukum, dalil, atau kaidah yang bersifat umum. Olehnya itu, untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari perlu diadakan penyesuaian-penyesuaian atau perlakuan-perlakuan khusus yang sesuai dengan kebutuhan.
Tahun 1776 menjadi tahun mulai berkembangnya ilmu ekonomi, dengan ditandai kemunculan buku ”The Wealth of Nation” yang ditulis oleh Adam Smith. Diikuti dengan buku ”The General Theory of Employment, Interest, and Money” yang ditulis John Maynard Kenynes di tahun 1936. Ilmu ekonomi telah berkembang sangat pesat saat ini mengikuti perkembangan yang terjadi dan disertai dengan munculnya berbagai macam teori-teori baru tentang ekonomi untuk memecahkan berbagai macam permasalahan.
Pada pengenalan pertama ilmu ekonomi, orang sering mendefinisikan ilmu ekonomi yang pendek-pendek saja dan mudah dimengerti, misalnya:
- Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai kegiatan-kegiatan yang menyangkut produksi dan transaksi diantara banyak orang.
- Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber daya produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.
- Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai perilaku manusia dalam mengusahakan dan mengatur kegiatan konsumsi dan produksinya.
Sedangkan Paul Samuelson mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai cara individu atau masyarakat untuk memilih dari berbagai alternatif penggunaan sumber daya produktif yang jumlahnya terbatas, untuk memproduksikan berbagai jenis barang, serta mendistribusikannya untuk dikonsumsikan pada berbagai golongan penduduk.
Para pakar ekonomi sepakat tentang definisi umum ilmu ekonomi yaitu: Ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudian menyalurkannya – baik saat ini maupun di masa depan – kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa yang menjadi pusat permasalahan ekonomi adalah kelangkaan yang sudah tidak dapat dielakkan lagi. Ilmu ekonomi akan terus dipelajari dan menjadi sesuatu yang sangat penting hingga kehidupan manusia masih ada. Tabiat manusia yang selalu menginginkan lebih dan tidak pernah puas akan yang dimiliki akan menjadi masalah yang membuat kelangkaan sumber daya untuk kehidupan manusia, semakin menjadi-jadi. Jumlah penduduk dunia yang semakin hari semakin bertambah membuat sumber daya yang tersedia seakan-akan tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Ilmu ekonomi sangat penting disebabkan karena dengan menguasai ilmu ekonomi kita dapat belajar bagaimana mempergunakan sumber daya yang semakin langka, untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat, sehingga sumber daya tersebut dapat dipergunakan secara efisien.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment